Kecamatan Tebing Tinggi Menjadi Tuan Rumah MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti 2019,

Riaudata.com,Meranti РKecamatan Tebing Tinggi Di tunjuk Menjadi Tuan Rumah Musabaqoh Tilawatl Quran (MTQ) Ke-XI Tinggkat Kabupaten Meranti 2019,direncanakan kegiatan lomba MTQ ini akan dimulai tanggal 20 Juli 2019, demikian hasil rapat koordinasi antara panitia penyelenggara dengan Pemkab Meranti  yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, bertempat di ruang rapat Melati, Kantor Bupati Meranti, Selasa (2/7/2019).

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Meranti H. Muzamil, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, Staf Ahli Bupati H. Jonizar, H. M. Arif, H. Askandar, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Pabung Kodim Bengkalis Mayor TNI P. Girsang, Kapolsek Tebing Tinggi, Kepala Dinas/Badan terkait Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Kesra Meranti Drs. Husni Gamal, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH, Perwakilan Kemenag Meranti, Ketua LPTQ Meranti H. Zulkhairil, Para Kabag dan Camat Se-Kabupaten Meranti, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Sesuai hasil keputusan rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanaan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 2019, akan digelar Tanggal 20 Juli 2019 yang dipusatkan di Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, lokasi ini sedikit berbeda dari pelaksanaan yang sudah-sudah dimana MTQ Tingkat Kabupaten selalu digelar ditempat terbuka seperti dilapangan.

Dari keterangan Ketua LPTQ Meranti H. Zulkhairil, lokasi ini sengaja dipilih untuk mengembalikan Ruh dari MTQ itu yang dulunya digelar di Masjid Agung. Selain itu LPTQ berpendapat pelaksanaan MTQ tidak perlu terlalu mewah yang terpenting adalah dilaksanakan dengan semarak dan berkualitas.

“Sederhana tak masalah yang terpenting adalah qualitas dan dibuat semeriah mungkin,” ujar Ketua LPTQ Meranti H. Zulkhairil.

Lebih jauh disampaikan Zul, tahapan pendaftaran sudah dilakukan pihaknya sejak tanggal 23 Juni 2019 lalu.

“Sejauh ini jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 327, kami berharap hingga penutupan jumlah peserta bisa mencapai 400 orang atau memenuhi semua cabang yang diperlombakan pada MTQ tingkat Provinsi,” jelasnya.

Agar target itu terpenuhi Zulkhairil berharap partisipasi aktif dari Camat untuk mendorong para Qori dan Qoriah diwilayahnya untuk mendaftarkan diri, dan yang tak kalah penting Ketua LPTQ meminta Camat untuk mensinkronkan data diri peserta MTQ agar tidak menimbulkan kendala saat peserta terbaik diikut sertakan pada Ivent MTQ Tingkat Provinsi.

Terkait jumlah Hakim MTQ sebanyak 52 orang yang terdiri dari Hakim Provinsi, Kabupaten Kota dan Kepulauan Meranti.

Selain itu Ketua LPTQ Zulkhairil juga menjelaskan tentang lokasi lomba sesuai dengan cabang yang diperlombakan, pertama Cabang Tilawah Quran di Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, kedua Cabang Tahfiz dan Tafsir Quran di Masjid Al-Falah, ketiga Cabang Khatal Quran di Masjid Al-Khairiyah, keempat Cabang Syahril dan Fahmil serta MMQ di Aula Afifa.

Terakhir dihadapan Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Ketua LPTQ Zulkhairil sempat menyinggung masalah anggaran pembinaan Qori dan Qoriah Meranti yang dipersiapkan untuk berloma diajang MTQ Tingkat Provinsi dan Isha Allah Nasional. Zulkhairil menilai dengan keterbatasan anggaran saat ini pihaknya sangat kesulitan memaksimalkan prestasi Qori dan Qoriah Meranti.

“Kami juga berharap untuk MTQ yang akan datang dalam rangka memaksimalkan pembinaan para Qori dan Qoriah mengusulkan penambahan anggaran. Sehingga untuk menghadapi MTQ Provinsi 2020 dimana Meranti menjadi tuang rumah dapat meraih prestasi gemilang,” paparnya.( Rd4)

Tinggalkan Balasan