Aplikasi FaceApp dinilai haram,Arab Saudi Peringatkan Bahaya Aplikasi FaceApp

Riaudata.com – Jagat media sosial tengah diramaikan dengan konten foto wajah tua yang merupakan hasil editan dari aplikasi face App. Postingan foto berwajah tua pun ramai dan muncul berbarengan dengan tagar #AgeChallenge dan #FaceAppChallenge.

Penggunaan aplikasi FaceApp juga menuai kontroversi soal keamanan data pengguna. Banyak orang yang mengkritik aplikasi edit foto buatan pengembang asal Rusia ini, terkait data privasi dan pencurian foto yang bisa disalahgunakan.

Seorang senator AS dari partai Demokrat, Chuck Schumer, meminta FBI untuk menyelidiki risiko keamanan dan privasi atas penggunaan aplikasi FaceApp. Tidak hanya mendapat kecaman dari AS, National Cybersecurity Authority (NCA) atau Badan Keamanan Siber Arab Saudi juga melihat adanya potensi bahaya yang ditimbulkan dari aplikasi tersebut.

Menurut laporan Arab News, NCA telah memperingatkan masyarakat agar tidak menggunakan aplikasi pengubah wajah FaceApp yang dikhawatirkan dapat mengambil informasi pribadi. NCA meminta untuk para pengguna FaceApp untuk tidak memberikan akses aplikasi ke gambar pribadi.

Seorang profesor cybersecurity dari King Saud University, Muhammad Khurram Khan, menjelaskan saat ini banyak orang yang menggunakan FaceApp hanya untuk bersenang-senang tanpa takut bahaya privasi yang mengintainya.

Aplikasi FaceApp dinilai haram

Salah seorang ulama di Mesir, Essam al-Roubi, memberikan pendapat bahwa penggunaan FaceApp dinilai haram dengan alasan karena mengubah ciptaan Tuhan. “Aplikasi ini adalah jenis kegemaran yang mengarah pada konsekuensi yang tidak diinginkan,” katanya.

Khurram juga mengkritik aplikasi FaceApp tidak memiliki kebijakan privasi yang jelas untuk melindungi data pengguna. Ia mencurigai FaceApp membagikan data pengguna ke pihak ketiga untuk memperoleh keuntungan

“Kebijakan privasi FaceApp tidak jelas bagaimana melindungi data pengguna, tetapi perusahaan mengklaim bahwa data apa pun yang dikumpulkan tidak dapat digunakan secara wajar untuk mengidentifikasi setiap pengguna tertentu,” katanya.

Pengguna FaceApp perlu berhati-hati dan selalu memperhatikan ketika aplikasi meminta akses atau lisensi terhadap konten atau identitas digital. Jangan asal menyetujui dan pastikan apa saja yang kamu izinkan untuk dibagikan dengan aplikasi tersebut.

Jika ingin mencoba aplikasi FaceApp, sebaiknya jangan berikan akses terhadap galeri gambar kepada FaceApp. Amannya, ambil gambar saja secara langsung lewat kamera di aplikasi.(Rd1)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan