Komisi I DPRD Jadwalkan RDP Bersama Pemkab dan Pihak Terkait Bahas Lingkungan

Riaudata.com,Pelalawan – Hingga saat ini, kesadaran masyarakat Kabupaten Pelalawan khususnya Kecamatan Pangkalan Kerinci untuk menjaga lingkungan, masih tergolong rendah. Atas kondisi tersebut, maka Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan akan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) atau hearing bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Pelalawan, Camat dan Lurah se-kecamatan Pangkalan Kerinci terkait peran rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW), untuk membahas permasalahan lingkungan.
” Ya, insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan menjadwalkan hearing atau RDP untuk membahas masalah lingkungan. Sedangkan RDP ini nantinya akan melibatkan Bagian Tapem, Camat Pangkalan Kerinci beserta Lurah dan para RT/RW,” terang Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan H Abdullah AMd kepada Dumai Pos, Senin (29/7) kemarin.
Abdullah juga nengatakan, bahwa hearing ini dilakukan karena pihaknya (DPRD,red) menilai hingga saat ini banyak peran RT dan RW tidak mampu memantau lingkungannya. Dirinya mencontohkan beberapa kasus yang kian marak terjadi saat ini di Kecamatan Pangkalan Kerinci, tapi sepertinya lepas dari perhatian RT dan RW. Salah satunya seperti dilapangan bola ditemukan anak-anak dibawah umur yang kerap melakukan isap lem. Dan bahkan, tempat ini dijadikan sebagai tempat mangkalnya kalangan waria serta tempat maksiat. Selain itu, masalah banjir yang juga kerap terjadi sejumlah titik apabila hujan turun mengguyur, akibat tidak berfungsi dengan normalnya saluran pembuangan air.
” Jadi, melalui pelaksanaan RDP nantinya, maka kita ingin melihat sejauh mana fungsi serta peran aktif dan juga tanggungjawab Pemkab, Camat, Lurah serta RT dan RW terhadap wilayah di lingkungan mereka. Salah satunya upaya untuk mengajak dan menggalakkan masyarakat dilingkungannya masing-masing agar dapat menggiatkan aktifitas gotong-royong membersihkan lingkungan, agar dapat terhindar dari bencana banjir saat musim hujan tiba. Serta upaya dalam menghidupkan kembali kegiatan ronda malam, sehingga Sitkamtibmas yang kondusif dapat terus tercipta dengan baik,” ujar legislator besutan Parpol PKS.
Selain membahas masalah lingkungan, Abdulah menambahkan, pihaknya juga akan membahas rencana pemekaran wilayah dalam lingkungan RT dan RW serta Kelurahan, mengingat khususnya di Ibukota kabupaten ini jumlah penduduk semakin padat dan tentunya juga membutuhkan kesigapan aparat untuk memberikan pelayanan prima.
” Jadi, pemekaran daerah ini tentunya juga terkait masalah pelayanan dan lain sebagainya. Dan dalam hal ini, tentu Bagian Tapem, Camat dan Lurah juga sangat besar perannya masing-masing. Untuk itu, maka RDP ini akan segera kita jadwalkan, sehingga permasalahan lingkungan dan juga pelayanan prima kepada masyarakat dapat berjalan dengan maksimal untuk kemajuan kabupaten Pelalawan yang lebih baik lagi,” tutup Abdullah yang sering disapa Bang Dul. (rd4)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan