Hari Ini, Panglima TNI Dan Kapolri Serta Menteri LHK Tinjau Karhutla Di Kabupaten Pelalawan

Riaudata.com,Pelalawan – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau mendapat perhatian serius dari Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, dimana Jokowi mengintruksi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol HM Tito Karnavian dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Siti Nurbaya untuk menuntaskan permasalahan karhutla di Riau. Dengan mendapatkan mandat langsung dari atasannya, bila tidak ada perubahan, Panglima TNI, Kapolri, Menteri LHK, Selasa (12/8) akan mengunjungi lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Langgam, Kabupaten Pelalawan.
” Ya, sesuai jadwal hari ini atau Rabu (13/8), Panglima TNI dan Kapolri serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia akan meninjau lokasi karhutla di Kabupaten Pelalawan yakni di Kecamatan Langgam. Untuk periasapan kedatangan, kita sudah siap,”terang Bupati Pelalawan HM Harris kepada awak media, Senin (12/8) kemarin.
HM Harris juga mengatakan, bahwa tadi pagi pihaknya sudah melakukan peninjauan, dimana utusan dari panglima dan Kapolri sudah turun Kekawasan Teknopolitan untuk pendaratannnya. Tujuan pertama mereka akan melihat atau peninjauan secara langsung kelapangan kebakaran lahan naik helikopter nantinya.
” Di kawasan Teknopolitan Pelalawan ini, Panglima TNI dan Kapolri akan memberikan arahan kepada seluruh pemangku kepentingan terkait Karhutla yakni seluruh perusahaan-perusahaan yang beroperasi diwilayah Kabupaten Pelalawan. Kalau untuk titik lokasi kebakaran hutan dan lahan yng juga terbakar di Kabupaten Pelalawan akan juga ditinjau yakni di Desa Sering,”ujar mantan Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan.
HM Harris menambahkan, bahwa kondisi kabut asap di Pelalawan hari ini masih agak tepal, bahkan cuaca mendung, dan sempat gerimis. Namun hanya sebentar dan kabut asap masih tipis menyelimuti Pangkalan Kerinci. Saya sudah mengintruksin setiap camat di kecamatan se Kabupaten Pelalawan, untuk menggelar solat istiqoroh atau solat meminta hujan disetiap kecamatan.(rd4)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan