Kondisi udara di daerah Bagan Batu sudah diambang batas sehat

Riaudata.Com,ROHIL – Kabut asap tebal yang menyelimuti daerah Bagan Batu, kecamatan Bagan Sinembah dan sekitarnya dipastikan adalah merupakan asap kiriman dari daerah lain.
Demikian ditegaskan oleh Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi kepada Dumai Pos melalui ponselnya, Jumat (13/9) kemarin.
” Kita tidak menafikkan kalau sejak beberapa hari belakangan Bagan Sinembah sudah diselimuti kabut asap. Namun yang paling parah mulai terlihat pada hari ini (kemarin, Red). Dan perlu diketahui, bahwa asap ini adalah asap kiriman dari daerah lain,” kata Sakinah.
Hal ini, lanjut Camat lagi bahwa di kecamatan Bagan Sinembah tidak ada lagi kawasan yang rawan terjadinya karlahut. ” Ya kalau dulu memang harus kita akui, tapi sekarang itu sudah menjadi kecamatan Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya,” kata Sakinah lagi.
Sementara itu Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafart Silalahi juga mengaku bahwa kondisi udara di daerah Bagan Batu sudah diambang batas sehat.  Hal ini disebabkan kabut asap yang menyelimuti daerah perbatasan itu sangat pekat.
” Untuk itu, kita menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar selalu membiasakan pola hidup bersih dan sehat, mengurangi aktivitas diluar rumah serta memperbanyak konsumsi air putih agar tidak mengalami iritasi akibat asap, ” kata Josafart.
Dan ketika disinggung tentang kondisi kesehatan warga yang disebabkan kabut asap, lebih jauh lagi dirinya mengaku belum ada. ” Kalau untuk penderitaan Ispa yang disebabkan oleh asap sampai hari ini belum ada,” kata Josafart lagi.(par)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan