Jelang Pelantikan,Dugaan reses fiktif Menerpa Anggota DPRD Kepulauan Meranti

Riaudata.com,MERANTI – Dugaan reses fiktif yang dilakukan oleh sejumlah oknum Anggota DPRD Kepulauan Meranti menjadi isu terhangat yang mencuat saat pelantikan yang dijadwalkan, Senin (15/9/19) petang, di Balai Sidang DPRD Kepulauan Meranti. Koordinator Umum Aliansi Mahasiswa Meranti Menggugat (AM3) Zuriyadi Fahmi menjelaskan, isu tersebut menjadi salah satu atensi aspirasi bagi mereka. Lewat massa aksi mereka akan meminta komitmen atas sumpah yang diucapkan oleh 30 anggota DPRD Meranti periode 2014-2019.

Menurut Fahmi, tidak hanya mengenai kenaikan iuaran BPJS Kesehatan yang dianggap memberatkan masyarakat, kedatangan massa saat pelantikan juga menuntut peran serta dewan dalam upaya menuntaskan kabut asap di Kepulauan Meranti. Sementara terhadap anggota DPRD terpilih diminta untuk berkomitmen agar tidak bermain dengan reses fiktif.

“Minimalisir pejabat dan anggota DPRD tidak sering keluar kota, dan terakhir meminta dewan terpilih segera mengatasi abrasi yang terjadi di Pulau Rangsang,” tambahnya.

Rencana atas aksi tersebut, kata Fahmi, telah disampaikan ke Polres Kepulauan Meranti. Sesuai rencana awal, aksi akan dilaksanakan ketika anggota DPRD terpilih mengikrarkan sumpah janji pada pukul 15.00 WIB.

Dibeberkannya lagi, aksi akan dikuti oleh 256 orang mahasiswa asal Meranti yang akan dimulai dengan melakukan konvoi dari kantor Pemuda Pancasila (PP) menuju Jalan Pramuka dengan membawa atribut spanduk dan mobil komando.

Sekretaris Dewan Kabupaten Kepulauan Meranti, Irmansyah mengaku belum mengetahui adanya rencana aksi yang akan dilakukan oleh ratusan mahasiswa. Namun, ia tidak begitu kawatir, mengingat pengamanan ekstra dari pihak kepolisian akan diterjunkan saat pelantikan berlangsung.

“Belum tau saya. Tapi keamanan dari pihak kepolisian sudah siap siaga untuk mengantisipasi terjadinya hal yang diinginkan,” ujarnya.

“Saya juga sangat percaya. Jikapun jadi, aksi itu akan berlangsung damai mengingat tujuan mahasiswa selama ini tetap pada tujuan yang sama dengan kami, yaitu sama-sama berupaya untuk membangun Meranti menjadi lebih baik,” tambahnya.

Sumber : Koran Mx

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan