Warga Desa Tanjung Mas Tuding Kades Selewengkan Dana

Riaudata.com,PEKANBARU – Sekitar 60-an orang warga Desa Tanjung Mas, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor sementara Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Rabu (13/11). Aksi tersebut dilakukan karena adanya dugaan penyelewengan dana desa.

Mereka meminta kepada Kejati Riau untuk menindaklanjuti dugaan tersebut. Hal ini dikatakan Anwar selaku perwakilan masyarakat Desa Tanjung Mas.

“Sebelumnya kami sudah melaporkan hal ini ke Bupati Kampar, tetapi tidak ada respon. Maka dari itu kami meminta kepada Kejati Riau untuk menindaklanjuti dugaan ini,” ucap Anwar di hadapan masyarakat, polisi dan pihak Kejati Riau.

Dalam orasinya Anwar mengatakan, dugaan penyelewengan dana desa itu dilakukan oleh sang kepala desa.

“Kami akan terus melakukan aksi sampai permasalahan ini tuntas. Kami masyarakat desa yang memiliki hak atas ADD dan DD meminta seluruh pihak penegak hukum untuk membantu nengungkap dan menindak kepala desa yang kami anggap kebal hukum,” tutup Anwar

Lebih lanjut dikatakan Anwar, diduga Kades bukan hanya menyelewengkan dana desa saja. Dana BUMDES anggaran 2016 senilai Rp325 juta juga diduga digelapkan olehnya.

Tidak hanya itu, bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk pengadaan Pamsimas (air bersih), yang nilainya Rp300 juta, juga diduga diseleweng oleh Kades tersebut.

“Dana BUMDES dan pengadaan air bersih itu, diduga digunakan oleh Kades untuk membeli mobil pribadi dan memperkaya diri serta keluarganya. Dalam pengadaan air tidak ada  musawarah,” lanjutnya.

Atas hal ini, Kepala Seksi (Kasi) Penkum dan Humas Kejati Riau, Muspidauan SH MH yang menerima aksi warga itu, berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut.

“Kami berjanji akan segera proses dan memnindaklanjuti aksi dari masyarakat. Tentunya akan mengklarifikasi pihak-pihak terkait,” ucap Muspidauan.

Mendengar hal itu, warga yang ikut dalam aksi tersebut mengucapkan terima kasih. Selanjutnya membubarkan diri dengan tertib.(koran MX/rd1)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan