DAK Meningkat 24.4 Milyar, 12.750 Ribu Jiwa Kebutuhan Air Minum Dan Sanitasi Masyarakat Terpenuhi.

Riaudata.com,ROHIL – Meningkatnya Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2020 ini secara signifikan sebesar 24.4 Milyar membuat pembangunan jaringan sanitasi dan air minum di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Rohil, meningkat drastis sehingga dapat memenuhi kebutuhan 12.750 jiwa.

Demikian di uangkapkan Kadis Perkim Rohil Zulfahmi ST MT melalui Kabid Pemukiman Tito Satria ST usai menggelar rapat evaluasi kerja tahun 2019,Kamis (24/01) di Gedung Aula Kantor Perkim Kawasan Batu Enam Bagansiapiapi.

“Tahun ini ada peningkatan yang sangat signifikan yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2020 ini sebesar 24.4 Milyar untuk membuat pembangunan jaringan sanitasi dan air minum.”Ucapnya.

Dikatakannya adapun rincian pengunaan dana DAK tersebut diantaranya,untuk anggaran bidang sanitasi sebesar Rp.16,2 miliar, bidang air minum Rp 8,2 miliar, dan untuk seluruh kegiatan ini diperkirakan akan di mulai sekitar bulan April 2020.”Katanya.

“Di rencanakan kegiatan tersebut akan melayani kebutuhan sanitasi 8.500 jiwa dan untuk air minum 4.250 jiwa,dan saat ini masih proses rekrutmen Tim Fasilitator Lapangan (TFL),” Katanya lagi.

Sementara alokasi anggaran tersebut tersebar di sejumlah kecamatan baik afirmasi maupun reguler,sesuai kebutuhan masing-masing Kecamatan Seperti di Kecamatan Palika sebanyak tiga kepenghuluan, Kecamatan Bangko 12 kepenghuluan dan Kecamatan Sinaboi sebanyak dua kepenghuluan.Dan untuk kegiatan sanitasi reguler di Kecamatan Tanah Putih 7 kepenghuluan, Pujud 2 kepenghuluan, Bagansinembah 2 kepenghuluan, Kecamatan Kubu 3 kepenghuluan dan Kuba 4 kepenghuluan.

Sedangkan untuk program pembangunan Sanitasi di Pondok pesantren (Ponpes) sebanyak 10 titik, Kecamatan Tanjung Medan ada di 3 Kepenghuluan,Kubu 1 Kepenghuluan,Rimba Melintang 1 Kepenghuluan yang akan di mulai pada bulan april mendatang.

Tito berharap semua kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu sesuai hasil rapat evaluasi tahun 2019 dan kinerja tahun 2020 ini.

“Insya Allah bulan April sudah mulai teken kontrak dengan Pokmas masing-masing desa,Kita berharap semua kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu,”Pungkas Pria murah senyum ini mengakhiri.***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan