Polres Siak Buru Pelaku Ilegal Logging, 20 Kubik Kayu Mahang Disita

SIAK, RIAUDATA.COM – Kapolres Siak, AKBP Doddy F Sanjaya memimpin langsung upaya penyelidikan dugaan tindak pidana pembalakan liar (ilegal logging) di Kampung Rawa Mekar Jaya, kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak. Sebanyak 20 kubik kayu mahang disita, Ahad (12/7/2020).

“Sekitar 20 kubik kayu mahang kita amankan Ahad siang,” kata AKBP Doddy F Sanjaya.

Penyelidikan tersebut lanjut Kapolres, berawal dari laporan personil Polres Siak yang melakukan ekspedisi bersama rombongan dari Balai Besar Konserfasi Sumber Daya Alam ( BBKSDA ) Riau dan Bupati Siak yang menyusuri aliran sungai, dari Kampung Rawa Mekar jaya menuju Taman Nasional Danau Zamrud.

“Sekitar 1,5 jam perjalanan, rombongan melihat gelondongan kayu yang mengapung di sungai,” ucapnya.

“Sebagian kayu sudah dirakit dan siap ditarik,” sambungnya.

Dari titik koordinat lanjut Doddy, lokasi tersebut berada pada kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT). “Di lokasi kita tidak menemukan satu orang pun terduga pelaku,” sebutnya.

Selain kayu mahang gelondongan. Pihaknya turut mengamankan sejumlah alat yang diduga digunakan pelaku, seperti jerigen yang berisi minyak Pertalite yang diduga untuk minyak mesin chain saw (mesin untuk menebang kayu) dan tali yang diduga digunakan pelaku untuk mengikat kayu kayu tersebut.

Hingga saat ini, Tim dari Polres Siak dan Polsek Sungai Apit masih melakukan penyelidikan di lapangan guna menangkap para pelaku.

“Kita sudah mengumpulkan bahan keterangan dan mengamankan sejumlah barang bukti. Kita juga berkoordinasi dengan pihak terkait, guna memburu dan menangkap para pelaku,” pungkas Kapolres. ***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan