1.728 views
Gubri Akan Bubarkan Gugus Tugas Covid-19 Pemprov, Kabupaten dan Kota Harus Mengikuti

Gubri Akan Bubarkan Gugus Tugas Covid-19 Pemprov, Kabupaten dan Kota Harus Mengikuti

PEKANBARU,RIAUDATA.COM – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau yang sudah dibentuk beberapa bulan yang lalu.

Penghapusan gugus tugas ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pembubaran ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pembubaran berlaku per 20 Juli 2020 atau sejak Perpres Nomor 82 Tahun 2020 diundangkan atau diteken Presiden Jokowi.

Pasal 20 Perpres tersebut menyatakan mencabut Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dalam Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini diubah karena berkaitan dengan pemulihan ekonomi nasional.

“Jadi ada dua tugas ini yang menjadi arahan Presiden. Jadi kita di Provinsi Riau tetap sama, dan kabupaten/kota harus mengikuti,” kata Syamsuar, Selasa (21/7/2020).

Setelah dibubarkan nantinya Pemprov Riau akan membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi. Yang dimana Komite ini nantinya selain melakukan penanganan terhadap Covid-19 juga melakukan percepatan ekonomi di daerah.

Adanya komite ini diharapkan kasus positif Covid-19 semakin menurun dan perekonomian semakin merangkak naik.

“Hanya saja nanti susunan komite ini nanti akan disesuai apa yang diharapkan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, terkait perubahan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menjadi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi.

Pihaknya masih akan melakukan rapat bersama seluruh tim gugus terkait untuk membahas teknis dan tanggungjawab masing-masing instansi.

Sebab dengan adanya komite ini, fokusnya tidak hanya soal percepatan penanganan Covid-19 saja.

Namun juga ada peranan instansi lain yang ikut mendorong perekonomian di Riau agar bisa terus naik ditengah Pandemi Covid-19

“Nanti dalam pertemuan kita akan merumuskan apa saja yang dibuat. Komite ini berkaitan dengan pemulihan ekonomi dan kesehatan,” jelasnya.(red/MCR)

Tinggalkan Balasan