164 views
LAMR Bengkalis Gelar Tepuk Tepung Tawar Pada Pasangan Kasmarni-Bagus

LAMR Bengkalis Gelar Tepuk Tepung Tawar Pada Pasangan Kasmarni-Bagus

BENGKALIS,RIAUDATA.COM – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis menggelar acara tepuk tepung tawar terhadap Kasmarni-Bagus Santoso pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Sabtu (5/9) di Gedung LAMR Jalan Pramuka, Bengkalis.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Kabupaten Bengkalis, Datok Sri H Sofyan Said, saat menyampaikan sambutan mengatakan, tradisi tepuk tepung tawar merupakan pengharapa natau doa yang dipanjatkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diingini.

“Di dalam adat resam tepuk tawar ini terhimpun segala doa dan pengharapan, tertuang segala kasih sayang. Kita berdoa, agar dalam keikutsertaan puan Kasmarni dan tuan Haji Bagus Santoso diberikan kemudahan dan kelancaran tanpa hambatan apapun jua,” urai H Sofyan Said.

Sebelum ini kata Sofyan, tepuk tepung tawar juga dilakukan atas pasangan calon Kaderismanto-Iyeth Bustami, dan besok Mimggu (6/9) pasangam Eet-Samda. Bagi LAM, yang memposisikan diri sebagai orang tua, semua pasangan calon yang ikut dalam kontestasi pilkada Kabupaten Bengkalis adalah putra-putri terbaik yang dimiliki daerah ini.

Untuk itu katanya, sebagai orang tua dirinya berharap tahapan dan proses mencari pemimpin yang baik ini jangan sampai dinodai oleh hal-hal yang bisa merusak nama daerah, adat resam melayu dan lainnya.

“Jangan saling salah menyalah, singgung sano singgung sini, berita A jadi C, yang pado akhirnya kito samo kito berantuk. Kitp ni nak mencari orang baik, pemimpin terbaik, jadi mari kito lakukan dengan caro-caro terbaik pulo,” pesan Sofyan Said dengan logat Melayu Bengkalis.

Dalam kesempatan tersebut, pansiunan PNS ini juga menyampaikan petuah jika kelak Kasmarni-Bagus dipercaya menjadi pemimpin Bengkalis. Kalau jadi pemimpin hendklah membawa kepada kesejahteraan, mana yang kusut diuraikan, mana yang keruh dijernihkan, mana yang melintang diluruskan, mana yang berbonggol ditarahkan, mana yang kesat diamplas dan yang menyalah diingatkan

“Terkahir pesan saya, selama masa otonomi daerah, anggaran Bengkalis cukup besar. Manfaatkan dan gunakan anggaran ini denga sebaik-baiknya demi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Bengkalis,” pesan Sofyan Said.

Jadilah Pemersatu

Sementaar itu Ketua MKA LAMR Bengkalis, H Zainuddin mengatakan, pasangan yang diusung Partai PAN, Nasdem, PBB, Gerindra dan Demokrat itu merupakan orang baik. Kasmarni adalah istri Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Bagus Santoso merupakan mantan anggota DPRD Bengkalis dan Provinsi Riau. Diharapkan Kasmrani-Bagus menjadi sosok pemersatu semua suku yang ada di Bengkalis.

“Jika kelak pasangan ini diamanahkan memimpin Kabupaten Bengkalis, saya berpesan bahwa Bengkalis ini negeri bertuah, belum pernah terjadi persoalan yang begitu tajam antara suku satu dengan suku lain. Untuk itu keragaman ini harus kita jaga dengan baik, “pungkas berpesan.

Sebelumnya saat memberikan kata sambutan, bakal calon Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan terimakasihnya atas upacara adat yang diberikan terhadap dirinya dan Bagus Santoso. Dia berharap, datuk datuk LAMR mendoakan agar ia dan Bagus Santoso selalu diberikan kemudahan dalam helat Pilkada ini.

“Kami mohon tunjuk ajarnya dan di do’akan agar dalam perjalanan kami diberikan kemudahan, “singkat Kasmarni.

Prosesi tepuk tepung tawar sendiri dilalukan oleh para datuk pengurus LAMR Kabupaten Bengkalis. Selain ketua MKA Datuk H Zainuddin, tepuk tepung tawar juga dilakukan oleh Ketua DPH LAMR, Datuk Sri H Sofya Said, Datuk H Amrizal, Datuk H Nurnawawi, Datuk H Aziar Azroy serta ara datuk pengurus LAMR lainnya. (fix/rls)

Tinggalkan Balasan