225 views
Bagus Santoso: Petugas Pendampingan Desa Kunci Maju Mundurnya Petani

Bagus Santoso: Petugas Pendampingan Desa Kunci Maju Mundurnya Petani

SIAK KECIL,RIAUDATA.COM – Kebutuhan tenaga penyuluh sangat diperlukan untuk memberi wawasan dan informasi terbaru mengenai dunia pertanian.

Kebutuhan pendampingan yang sangat mendesak sekarang ini adalah perlunya bimbingan PPL kepada petani untuk mendapatkan informasi lengkap terutama cara mendapatkan pupuk subsidi.

” Tolong diusahakan setiap desa diangkat PPL, kami petani tak paham betol mengurusnya. Biarlah petani fokus berkebun tetek bengek administrasi bantulah kami dampingi kami satu desa satu orang penyuluh. ” harap dan keluh Jumani mewakili kelompok tani ( Poktan) desa Langkat.

Hal tersebut disampaikan Jumani terkait adanya kendala yang dihadapi saat ini oleh petani yaitu membuat data diri kartu tani. Padaa acara sosialisasi pupuk subsidi yang digelar Kopasanda bekerjasama dengan UPT Dinas Tanaman Pangan SIak Kecil (23/9) di Desa Sungai Siput.

Dengan kebijakan pemerintah terbaru, untuk mendapatkan pupuk subsidi petani harus memiliki identitas Kartu Tani. Hanya saja, petani masih banyak kebingungan terkait administrasi yang harus dipenuhi.

Kepala UPT Tanaman Pangan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis Astud Iponi mengakui jumlah PPL tidak sebanding dengan jumlah desa. Untuk itu dalam keterbatasan tersebut Ia berharap petani dan PPL sama sama proaktif kerja keras dan ikhlas agar data petani bisa terinput semuanya.

” Kami sangat setuju dengan petani, agar ada penambahan lebih banyak tenaga penyuluh sehingga dapat membantu dan menyebarkan berbagai informasi tentang pertanian di Siak Kecil. Kita akan sampaikan ini kepada pimpinan” katanya.

Menanggapi keberadan dan terbatasnya jumlah PPL Bagus Santoso bakal Cawabup Bengkalis yang berpasangan dengan Kasmarni mengatakan bahwa PPL sangat menentukan dalam mendukung ketahanan pangan yang diprogramkan pemerintah. Sejatinya PPL adalah ujung tombak pemerintah.
” Mereka punya peranan strategis tidak hanya bertugas persoalan teknis. PPL juga bertugas merubah pola pandang petani menyesuaikan perkembangan zaman.
suka atau tidak suka karena ini kebutuhan, saya yakin siapapun pemimpin Bengkalis setuju jumlah tenaga PPL harus ditambah” kata Bagus Santoso.

Sebagai gambaran, saat ini tenaga penyuluh pertanian di Siak Kecil yang berstatus PNS hanya 4 orang, status tenaga honor 1 orang, Penyuluh THL TB Pusat 2 orang, Penyuluh THL Daerah 2 orang. Sedangkan jumlah desa di kecamatan Siak Kecil sebanyak 17. Khusus Siak Kecil idealnya membutuhkan 17 tenaga PPL. Sehingga bisa dengan mudah menyebarkan informasi tentang pertanian kepada petani yang tersebar di 17 desa.(Fix/rd)

Tinggalkan Balasan