Jelang Pilkades, 29 Desa di Meranti Bakal Diisi oleh Penjabat

MERANTI,RIAUDATA.COM – Masa jabatan puluhan kepala desa yang tersebar di Kepulauan Meranti akan berakhir. Untuk itu, saat ini pemkab setempat melakukan persiapan jelang dimulainya tahapan pilkades pada April 2021. Seperti keterangan yang dihimpun Riau Pos, dari 96 desa yang tersebar di Kepulauan Meranti, 2021 ini sebanyak 29 desa akan melaksanakan pemilihan kades.

Demikian juga disampaikan Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kepulauan Meranti Darwis kepada Riau Pos, Kamis (21/1) ketika ditemui di ruang kerjanya.

Adapun salah satu persiapan yang mereka lakukan adalah menyelesaikan tahapan pemilihan badan permusyawaratan desa (BPD). Pemilihan hingga pelantikan ditargetkan akan tuntas Maret 2021. “Jumlah BPD yang akan dilantik pastinya saya lupa. Yang jelas kita akan selesaikan ini dulu. Dalam tahapannya Maret udah mulai tahapan pemilihan dan pelantikan. Sehingga tahapan pilkades baru bisa mulai April 2021 mendatang.

Pasalnya menurut Darwis, dalam membentuk panitia pilkades adalah tugas dan fungsinya BPD yang telah dilantik tersebut. Selain itu, Darwis juga memastikan akan terjadi kekosongan jabatan kades di 29 desa terkait yang akan diisi oleh penjabat (pj) kades. Dengan demikian berasumsi penunjukan pj kades juga akan berlangsung, April 2021. “SK penunjukan pj kades akan dikeluarkan oleh bupati,” ujarnya.

Pelaksanaan ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72/2020 perubahan kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112/2014 tentang Pemilihan Kades. Adapun rincian 29 desa dari sembilan kecamatan di Kepulauan Meranti yang akan melaksanakan pilkades serentak di 2021 terdiri dari Desa Banglas, Alahair Timur, dan Sesap Kecamatan Tebingtinggi, yakni Desa Telaga Baru dan Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat. Desa Gayung Kiri, Gemala Sari, Tanjung Samak, Topang dan Penyagun, Kecamatan Rangsang Desa Mekong, Tenan, Batang Malas, Kundur, Tanjung Peranap, dan Gogok Darussalam Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Desa Meranti Bunting Kecamatan Merbau. Desa Centai, Semukut dan Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau. Desa Lukun, Teluk Buntal, dan Tanjung Gadai Kecamatan Tebingtinggi Timur. Desa Dedap, Tanjung Padang, dan Bandul, Kecamatan Tasik Putripuyu. Hingga Desa Bungur dan Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir.(rd1)

 

 

Sumber : Riaupos.co

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan