Munserbang Kelurahan air Jamban Proritaskan Pembangunan Drainase

DURI,RIAUDATA.COM -Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kelurahan Air Jamban kecamatan Mandau, Bengkalis 2022 memprioritaskan pembangunan drainase. Terutama pemukiman atau kawasan rawan banjir ketika musim penghujan. Selain drainase pembangunan jalan atau gang juga diprioritaskan.
” Drainase harus dibenahi atau dibangun dan ditata untuk menanggulangi banjir di musim penghujan. Setiap RW kita berikan kesempatan untuk mengusulkan dua skala prioritas perlu dibangun di wilayahnya,” kata lurah Air Jamban, Zama Rico D kepada media, Rabu (10/2).

Dari 25 RW se-kelurahan Air Jamban, sambungnya dipetakan kondisi drainase masih kurang memadai di pemukiman dan mengakibatkan air meluap ketika musim penghujan tiba. Genangan air hujan hanya beberapa jam kemudian surut. Buruknya sistem drainase air kurang lancar mengalir ke tempat paling rendah.
” Drainase nomor satu dan kedua jalan atau gang yang harus kita bangun tahun 2022 mendatang. Wilayah Air Jamban ini sangat luas dan padat penduduknya,” jelasnya.

Selain memprioritaskan pembangunan drainase dan jalan di tengah pandemi, sektor pertanian, perkebunan dan peternakan harus dikembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Bukan pembangunan fisik saja yang menjadi perhatian untuk pemulihan ekonomi masyarakat.
” Hasil Musrenbang nanti akan dibahas di tingkat kecamatan. Meskipun nantinya tidak bisa direalisasikan sekaligus dan bertahap,” paparnya.

Lebih lanjut katanya, drainase merupakan persoalan hampir setiap RW. Keluhan banjir ketika musim penghujan semakin dirasakan masyarakat dan bertambah parah. Banyak jalan atau gang masih belum tersentuh dengan pembangunan. Jika drainase bagus dan air lancar mengalir banjir dapat teratasi di pemukiman atau kawasan secara bertahap.

” Ya kalau musim hujan ada laporan dari warga rumah tempat tinggalnya banjir. Bukan hanya satu RT titik saja, banyak dalam waktu bersamaan,” pungkasnya.(rd7)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan